POLRES MALANG| Polsek Jabung “Bentuk Kedisiplinan Kanit Binmas Latih PBB”


JABUNG (17/07/2017).  Kanit Binmas Polsek Jabung, Polres Malang Aiptu Bambang Riyanto memberikan pelatihan Polcil yang  diikuti dari peserta latihnya yang merupakan perwakilan dari Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kecamatan Jabung,  Kabupaten Malang. Senin (17/07).
Materi yang disampaikan pada pertemuan hari ini merupakan materi dasar baris-berbaris yang diaplikasikan dalam persiapan lomba, dalam pelaksanaan latihan masih tetap semangat. Bisa dilihat dari gerakan yang ditampilkan penuh dengan semangat sehingga terlihat patah-patah di setiap gerakan yang diberikan.
Menurut keterangan yang diberikan, Aiptu Bambang Riyanto menuturkan materi – materi yang lain sudah dikuasai seperti 12 gerakan lalu-litas. Yang merupakan materi awal yang diberikan, dan untuk materi baris berbaris yang sedang dilatihkan sekarang ini merupakan materi yang lainnya. Semua materi yang akan teraplikasi di lomba PKS.
Disaat latihan jeda sebentar untuk memberikan teori materi, Aiptu Bambang Riyanto memberikan penjelasan pengertian baris berbaris. Dalam pengertianya, Baris-berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup Angkatan Bersenjata atau masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Dengan tujuan melatih awal membela negara dan dapat membedakan hak dan kewajiban serta penanaman rasa disiplin dan  mempertebal rasa semangat kebersamaan.
Selain poin diatas menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas sehingga diperoleh hasil yang maksimal. (jion)

Advertisements