POLWAN PEDULI KESEHATAN


POLRES MALANG | SUBBAG HUMAS

Rabu, tgl. 10 Agustus 2017 

           Dalam rangka memperingati Hari Jadi Polwan ke- 69 Urkes Polres Malang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang  dan Laboratorium Patimura Kota Malang, bersama-sama melaksanakan kegiatan pemeriksaan  Pap Smear gratis bagi seluruh Polwan, PNS, dan Bhayangkari Jajaran Polres Malang di Urkes Polres Malang.

         Layanan pemeriksaan  Pap smear ini untuk menekan jumlah penderita kanker serviks yang juga sebagai pembunuh pertama bagi kaum perempuan di Indonesia. Pap Smear dapat dilakukan bagi kaum wanita yang sudah menikah atau wanita yang aktif melakukan hubungan suami istri. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setahun sekali atau paling tidak satu kali dalam 3 tahun. Dan dipastikan dalam proses pemeriksaan oleh tenaga medis tidak akan lama dan tidak sakit. 

           Ada dua metode pemeriksaan kanker Serviks yaitu Inspeksi Visual dengan Asam Asetat atau IVA dan Pap Smear. Untuk IVA hasilnya dapat langsung diketahui sedangkan Pap smear diuji melalui laboratorium di Jakarta yang hasilnya diberikan seminggu kemudian.

           Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 10 Agustus 2017 berlokasi di Poliklinik Urkes Polres Malang. Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 70 orang dari Polwan, PNS, dan Bhayangkari Jajaran Polres Malang.

          Kanker serviks dapat dicegah melalui pemeriksaan secara rutin dan berkala, sehingga bibit penyakit dapaf dideteksi secara awal.

         Kanker serviks akan semakin sulit diobati jika sudah memasuki stadium lanjut, namun dapat diobati jika penyakit sudah dideteksi sejak awal. 

              Kedepannya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin oleh Urkes Polres Malang yang juga bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang  dan Laboratorium Patimura Kota Malang. 

           Pada  HUT Polwan ke-69 tahun 2017 inj mengusung tema ”Deteksi Dini Kanker Serviks”. Hal ini adalah wujud implementasi dari kepedulian Polwan terhadap kesehatan. Dengan tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Advertisements

About tribratanewsmalang

Menyediakan informasi pelayanan dan kegiatan Polres malang secara objektif, dipercaya dan partisipatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s