Upacara Karo/Nyadran Desa Ngadas Telah Berakhir.


Polres Malang – Polsek Poncokusumo.           Poncokusumo, 14 September 2017. Rangkaian kegiatan upacara adat Karo  selama satu minggu telah berakhir.

Rabu, 13 September 2017 pukul 08.00 Wib sampai dengan 16.30 wib. Serangkaian kegiatan adat yang dilakukan setiap tahun ini, dimulai tanggal 6 September dan berakhir 13 September 2017. Secara keseluruhan kegiatan berlangsung aman terkendali. Diawali dari membersihkan lingkungan, keramatan, sampai memberikan sesaji ditempatkan dianggap keramat,serta penyajian hiburan, dari jaran joget,kuda lumping, tayub, orkes,campursari dan yang paling akhir adalah prosesi upacara di pemakaman umum.

Dalam kegiatan ini juga mengundang Bupati, Muspika serta tokoh agama. Tidak kurang dari 3000 Orang memadati dan mendatangi tempat upacara tersebut. Setelah kegiatan selesai ditutup dengan atraksi Ujung, yakni seni tradisional Tengger, yaitu dua pemuda diadu dengan saling memukul pakai rotan dan dipimpin oleh seorang dukun sebagai wasit.

Adapun yang dinyatakan menang yang paling sedikit mendapatkan pukulan. Dan tempat bertarung didalam lingkaran dan sekeliling dipenuhi dengan penonton.

Selama seminggu kegiatan Karo selalu dilakukan pengamanan terbuka maupun tertutup oleh anggota Kepolisian Sektor Poncokusumo bersama anggota Koramil Poncokusumo.

Advertisements