Pengoplos Gas LPG di Malang Ditangkap



Polres Malang telah berhasil mengungkap pengoplos gas LPG di Jl Krisna Dusun Losari Rt/Rw  22/06 Desa Sidorahayu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Bahkan puluhan tabung gas LPG diamankan beserta terduga pelaku. Pengoplos dikategorikan melanggar tindak pidana perniagaan/penjualan LPG oplosan tidak sesuai standar pengisian, mutu dan berat gas.
” Pengoplos diduga melakukan pengisian gas tidak sesuai standar pengisian,” ungkap Kapolsek Wagir, AKP Mei Suryaningsih
Ia mengatakan, Polisi berhasil menangkap terduga pelaku pengoplos gas LPG beserta sejumlah barang bukti. Kedua pelaku itu yakni AM (21) dan JW (21). Dibeberkan, AM selaku pengoplos LPG dan JW selaku pemiliki usaha yang kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang(DPO).
Dijelaskan, modus operandi tersangka AM bekerjasama dengan JW yang memiliki usaha penjualan gas LPG tanpa ijin. AM melakukan pengisian gas LPG dari tabung gas LPG ukuran 3 Kg ke tabung gas LPG ukuran 12 Kg dengan cara menggunakan cop penghantar gas yang tidak sesuai dengan standart,mutu dan beratnya sehingga merugikan konsumen.
” Tersangka bekerjasama JW melakukan pengisian Gas LPG dari Tabung Gas LPG 3 Kg ke Tabung Gas LPG 12 Kg dan pengisiannya tidak sesuai standart,” terangnya.
Kata Kapolsek, selain mengamankan AM, Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya, satu buah tang, satu buah obeng warna hitam, satu buah pentil atau cop sebagai alat suntik gas, dan  68 tabung gas LPG warna hijau ukuran 3 Kg. Masing masing 10 tabung berisi gas dan 58 tabung dalam kondisi kosong.
” Juga kami amankan 20 tabung gas LPG warna biru ukuran 12 Kg  yang masing masing 7 tabung berisi gas dan 13 tabung dalam kondisi kosong,” urainya.
Ditambahkan, tersangka dijerat pasal 62 ayat 1 Undang Undang RI nomor 8 tahun1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Iklan