POLRES MALANG| POLSEK JABUNG “Bangunkan Tahanan Sholat Subuh”


 JABUNG (11/07/2018). Anggota Jaga Polsek Jabung Aiptu Mujiono kontrol kondisi tahanan di rutan Mapolsek Jabung. Rabu (11/07).

Kegiatan Kontrol/pengecekan Tahanan tersebut rutin dilaksanakan oleh anggota Jaga Polsek Jabung guna mengetahui kondisi kesehatan serta membangunkan Tahanan untuk melaksanakan Sholat Subuh, membangunkan seseorang untuk melaksanakan sholat subuh seperti yang di jelaskan oleh :

Imam Nawawi dalam Al-Majmu’ menjelaskan sebagai berikut.
يستحب إيقاظ النائم للصلاة لاسيما إن ضاق وقتها لقوله تعالى : (وتعاونوا علي البر والتقوى) ولحديث عائشة رضى الله عنها قالت : “كان رسول الله صلي الله عليه سلم يصلى صلاته من الليل وأنا معترضة بين يديه فإذا بقى الوتر أيقظني فأوترت”

Artinya, “(Kita) dianjurkan membangunkan orang yang sedang tidur untuk melaksanakan shalat, terlebih lagi kalau waktunya sudah sempit (hampir habis) berdasarkan firman Allah Al-Maidah ayat 2, “Saling tolong-menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketakwaan” dan juga berdasarkan sebuah hadits yang bersumber dari Sayyidah Aisyah RA, “Suatu malam, Rasulullah SAW tengah melakukan shalat malam, sementara aku tidur terlentang di hadapan beliau. Ketika akan menutup shalatnya dengan witir, beliau pun membangunkanku, lalu aku shalat witir (bersama beliau).”

Iklan