Polres Malang | Personil polsek wonosari mengamankan prosesi penyekaran agung di pesarean gunungkawi


Wonosari – Pada hari Jum’at tanggal 13 Juli 2018 mulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 17.00 Wib Kanit Sabhara polsek Wonosari dan 3 anggota polsek wonosari telah melaksanakan pengamanan Upacara Adat 1 Selo berupa Penyekaran Agung dan Kirab Sesaji. Acara tersebut dalam rangka memperingati Haul Eyang Djoego ( Kyai Zakaria ) yang ke-152 Tahun 2018. Penyekaran agung dilaksanakan di areal Pesarean Gunung Kawi di Dsn. Wonosari Rt. 09 Rw. 05 Ds. Wonosari Kec. Wonosari Kab. Malang. Mulai pukul 14.00 Wib para peserta Upacara Adat 1 Selo yang berjumlah sekitar 200 orang mulai berkumpul di areal Pesarean Gunung Kawi.

Kemudian sekitar pukul 15.30 Wib peserta Upacara Adat 1 Selo mulai diberangkatkan melaksanakan Kirab Sesaji dari lokasi start di depan Masjid Iman Sujono menuju ke makam Eyang Djugo ( Kyai Zakaria ) dan Raden Mas Iman Soedjono di areal Pesarean Gunung Kawi. Dalam acara tersebut diikuti oleh Juru Kunci Yayasan Ngesti Gondho (Tjandra Jana, Nanang Yuwono dan Bagus Iwan Suryandoko), Pengurus dan Karyawan Yayasan Ngesti Gondho, sekitar 50 orang, Warga Magersari, sekitar 150 orang. Acara penyekaran agung tersebut diikuti oleh para Pembawa Sesaji Besar, Pembawa Kinangan, Pembawa Sesaji Sandingan, Pembawa Sesaji Buah-buahan, nasi putih dan lauk pauknya, para Pembawa Payung, Keluarga dan Kerabat Juru Kunci Yayasan Ngesti Gondo, para pembawa Kembang Setaman dan Beras Kuning dan beraneka Jajanan‎.

Setelah sampai di pesarean Eyang Djugo dilaksanakan penyekaran oleh peserta kirab serta tahlil bersama-sama. Acara Upacara Adat 1 Selo tersebut merupakan agenda rutin tahunan yg diselenggarakan oleh Yayasan Ngesti Gondho dlm rangka memperingati Haul Eyang Djoego (Kyai Zakaria) yang jatuh pada tanggal 1 Selo ( kalender penanggalan Jawa )

Iklan